Friday, October 23, 2015



Bahasa baku adalah salah satu ragam bahasa yang dijadikan pokok dasar ukuran atau standar. Ragam bahasa baku lazim digunakan dalam konteks berikut :
  1. Komunikasi resmi yaitu dalam surat menyurat resmi, surat menyurat dinas, pengumuman-pengumuman yang dikeluarkan oleh instansi resmi, dan sebagainya.
  2. Wacana teknis seperti dalam laporan resmi, karangan ilmiah, buku pelajaran, dan sebagainya.
  3. Pembicaraan di depan umum seperti ceramah, kuliah, seminar, dan sebagainya.
  4. Pembecaraan dengan orang yang dihormati.
Pemakaian (1) dan (2) tertuju pada ragam bahasa tertulis, sedangkan pemakaian (3) dan (4) didukung oleh ragam bahasa baku lisan.



Ragam bahasa baku dapat ditandai dengan ciri-ciri berikut.
  •    Penggunaan Kaidah Tata Bahasa Normatif
Kaidah bahasa normatif selalu digunakan secara eksplisit dan konsisten dengan jalan berikut:




  •       Penggunaan Kata-Kata Baku
Kata-kata yang digunakan adalah kata-kata umum yang sudah lazim digunakan yang frekuensi menggunakannya cukup tinggi. Kata-kata yang belum lazim atau yang masih bersifat kedaerahan sebaiknya tidak digunakan. 



  •         Penggunaan Ejaan Resmi dalam Ragam Tulis
Ejaan yang kini berlaku dalam bahasa Indonesia adalah ejaan yang disempurnakan (disingkat EYD). EYD mengatur mulai dari penggunaan huruf, penulisan kata (dasar, berimbuhan, gabungan, ulang, dan serapan), penulisan partikel, penulisan angka, penulisan serapan, sampai pada penggunaan tanda baca.



  •     Penggunaan Lafal Baku dalam Ragam Lisan
Hingga saat ini lafal yang benar atau baku dalam bahasa Indonesia belum pernah ditetapkan. Tetapi ada pendapat umum bahwa lafal baku dalam bahasa Indonesia adalah lafal yang bebas dari ciri-ciri lafal dialek setempat atau ciri-ciri bahasa daerah



  •        Penggunaan Kalimat secara Efektif
Kalimat-kalimat yang digunakan dapat dengan tepat menyampaikan pesan pembicara atau penulis kepada pendengar atau pembaca, persis seperti yang dimaksud oleh si pembicara atau si penulis.
Keefektifan kalimat dapat dicapai dengan cara-cara berikut.

Add caption


Semoga membantu......

0 comments :

Post a Comment